Cara Memperbaiki "windows was unable to complete the format"

Cara Mengatasi windows was unable to complete the format - Biasanya, untuk memformat USB Flash Drive di komputer Windows, pengguna hanya perlu mengklik kanan drive USB yang terhubung di komputer mereka dan memilih Format untuk memulai proses format USB.

windows was unable to complete the format

Namun, dalam beberapa kasus saat memformat ulang USB, cukup banyak pengguna melaporkan bahwa mereka tidak dapat memformat USB dan pesan kesalahan muncul di layar "windows was unable to complete the format" selama proses pemformatan.

Pada artikel di bawah ini, administrator jaringan akan memandu Anda dengan 5 cara sederhana untuk memperbaiki kesalahan ini dalam proses format USB . [Cara Mematikan Laptop Menggunakan Keyboard]

5  Cara Memperbaiki windows was unable to complete the format

1. Format Flash Drive USB ke format file lain

Memformat Flash-Drive USB ke format file lain adalah cara termudah untuk memperbaiki kesalahan "Windows tidak dapat menyelesaikan format". Untuk memformat drive Flash USB

Drive ke format lain Anda mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

Langkah 1: Pertama, colokkan drive USB ke komputer Anda, lalu klik kanan drive USB yang terhubung, dan pilih Format.

Langkah 2: Di jendela berikutnya, di bagian Sistem File , ubah format FAT 32 ke NTFS atau format lain.

Langkah 3: Selanjutnya, hapus centang pada opsi Quick Format , lalu pilih Start untuk memulai proses format USB.

Terakhir, periksa apakah kesalahan windows was unable to complete the format telah diperbaiki.

2. Gunakan Command Prompt untuk memformat USB Flash Drive

Pertama, colokkan USB Flash Drive atau Pen Drive ke komputer. Periksa apakah nama drive USB Anda muncul.

Selanjutnya, tekan kombinasi tombol Windows + R untuk memanggil RUN , ketik cmd dan tekan Enter untuk membuka Command Prompt.

Atau Anda juga bisa pergi ke Start dan masukkan frase cmd di bilah pencarian, hasil yang sama.

Pada titik ini, jendela Command Prompt muncul di layar , di mana Anda memasukkan perintah berikut dan tekan Enter:

format J: /fs:FAT32

Dalam hal ini, J drive USB yang ingin Anda format FAT32 adalah sistem file yang benar. Anda mengubah 2 nilai ini sesuai dengan komputer Anda.

cmd

Periksa apakah USB diformat seperti yang Anda inginkan.

3. Gunakan Disk Manajemen untuk memformat USB Flash Drive

Terkadang dalam beberapa kasus, pengguna dapat menggunakan format Disk Manajemen drive Flash Drive USB untuk memperbaiki kesalahan Windows tidak dapat menyelesaikan format .

Pertama colokkan drive USB Anda ke komputer, lalu klik kanan My Komputer dan pilih manage.

Layar muncul jendela Computer Management , arahkan ke Storage > Disk Management . Sekarang di panel kanan Anda akan melihat daftar drive USB yang terhubung ke komputer dan partisi hard drive.

Klik kanan USB Flash Drive dan pilih Format.

Jendela Format USB Flash Drive muncul di layar, di mana Anda mengubah format FAT 32 ke NTFS atau exFAT dan hapus centang pada opsi Perform a quick format lalu klik OK .

4. Format USB menggunakan tools Format Penyimpanan Disk USB HP

Jika Anda telah menerapkan solusi di atas dan masih tidak dapat memperbaiki kesalahan tersebut, maka Anda dapat meminta bantuan pihak ketiga untuk menggunakan Alat Format Penyimpanan Disk USB HP untuk memformat Drive Flash USB.

Pertama, unduh Alat Format Penyimpanan Disk USB HP . Alat ini tidak perlu dipasang di komputer Anda, buka alat dengan mengklik kanan pada file yang diunduh, dan memilih Run as Administrator .

Program ini secara otomatis akan mendeteksi drive USB yang Anda sambungkan dan menampilkan antarmuka format. Konfirmasikan informasi USB, pilih sistem file yang sesuai, lalu klik Start untuk memulai format.

5. Scan malware

Meskipun kemungkinan besar ini bukan penyebab masalahnya, Anda harus memindai malware jika Anda masih tidak dapat memformat drive. Beberapa malware dapat mengganggu fungsi normal sistem file, termasuk memformat ulang drive.

Anda harus memindai dengan Malwarebytes versi gratis dan melihat apakah ada infeksi yang ditemukan. Kemudian coba format ulang.

Itulah  Cara Memperbaiki windows was unable to complete the format. Semoga bermanfaat!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Cara Memperbaiki "windows was unable to complete the format""

Posting Komentar