10 Penyebab kulkas tidak dingin yang harus diketahui!

Pada suatu sore musim panas yang terik, Anda membuka lemari es dengan harapan menikmati segelas jus dingin. Tetapi Anda menemukan bahwa lemari es Anda tidak mendingin. Sungguh momen yang tidak menyenangkan! Berikut adalah 10 kemungkinan alasan di balik "mengapa kulkas tidak dingin atau tidak dingin sama sekali

cara mengatasi kulkas tidak dingin tapi lampu menyala

10 Penyebab kulkas tidak dingin yang mesti diketahui!

Sebelum anda baca cara memperbaiki kulkas tidak dingin tapi lampu menyala , Baca penyebabnya berikut ini.

1. Kumparan evaporator beku

Ada gulungan evaporator dan kipas sirkulasi di zona freezer lemari es. Pendinginan yang buruk dapat disebabkan oleh perkembangan embun beku yang berlebihan pada kumparan penguapan. Seiring waktu, embun beku menumpuk di atas gulungan dan kipas. Ketika embun beku terakumulasi di atas kumparan evaporator, mereka terisolasi. 

Karena itu, kipas yang bersirkulasi tidak dapat mengalirkan udara ke atas kumparan beku. Mungkin masih ada sedikit pendinginan karena embun beku menutupi gulungan, tetapi tidak ada aliran udara di atas gulungan. Embun beku ini harus dihilangkan dengan pencairan manual atau pencairan otomatis ( dalam lemari es bebas embun beku ) untuk pendinginan yang tepat di dalam lemari es. .

2. Kipas evaporator rusak 

Kipas mengalirkan udara dingin dari freezer ke kompartemen lain di dalam lemari es. Ketika kipas evaporator berhenti bekerja, ia tidak dapat mengedarkan udara dingin di dalam bagian makanan. Karena itu freezer tetap dingin tetapi bagian makanan tidak dingin.

3. Sistem defrost rusak

Di lemari es bebas es mana pun, terdapat sistem pencairan yang mengontrol siklus pendinginan dan pencairan. Komponen sistem defrost adalah: timer defrost dan pemanas defrost:

Pengatur waktu defrost mengalihkan lemari es antara mode pendinginan dan defrost. Jika rusak dan berhenti pada mode pendinginan, ini menyebabkan embun beku yang berlebihan menumpuk di gulungan evaporator yang mengurangi aliran udara. Atau jika berhenti pada mode defrost, semua embun beku akan mencair dan tidak kembali ke siklus pendinginan.

4. Kompresor rusak 

Kompresor adalah jantung dari siklus pendinginan. Ketika tidak bekerja dengan baik maka seluruh proses pendinginan bahkan tidak dimulai. Tugas kompresor adalah memampatkan refrigeran dari uap dingin bertekanan rendah menjadi uap panas bertekanan tinggi. 

Refrigeran terkompresi ini berupa uap panas bertekanan tinggi kemudian dialirkan melalui kondensor yang kemudian terkondensasi menjadi cairan bertekanan tinggi. Cairan ini kemudian mengalir melalui kumparan evaporator di mana ia menguap dan mendingin menjadi uap bertekanan rendah. 

Udara mengalir di atas kumparan pendingin dan menjaga lemari es tetap dingin. Jadi ketika kompresor rusak, siklus pendinginan ini bahkan tidak dimulai.

5. Level refrigeran tidak mencukupi

Jika kompresor adalah jantungnya, refrigeran adalah darah siklus pendinginan. Kebocoran zat pendingin atau di bawah batas zat pendingin juga mempengaruhi pendinginan di dalam lemari es.

6. Kumparan kondensor berinsulasi kotoran

Ketika refrigeran panas bertekanan tinggi mengembun di kondensor, banyak panas yang hilang selama konversi ini. Tetapi ketika koil kondensor kotor dan penuh dengan kotoran, panas tidak mengalir keluar dari gulungan dengan baik. Panas ini tetap berada di dalam lemari es dan mengurangi pendinginan.

7. Kipas kondensor rusak 

Di lemari es Anda terdapat kipas kondensor yang memaksa udara panas keluar dari lemari es. Jadi bila sudah busuk udara panas tidak bisa dikeluarkan ke dalam kamar dan tetap berada di dalam lemari es. Karena itu suhu di dalam lemari es meningkat. Motor kipas yang rusak atau bilah kipas yang rusak menghalangi kipas kondensor untuk bekerja dengan baik.

8. Relai start rusak

Relai start adalah perangkat kecil yang terletak di dekat kompresor. Ini membantu kompresor dalam memulai. Jika relai start rusak, maka kompresor tidak akan menyala sehingga proses pendinginan di lemari es tidak akan dimulai.

10. Termistor rusak

Termistor adalah sensor yang mengontrol suhu udara di dalam lemari es dan mengontrol awal dan penghentian siklus pendinginan. Jika rusak, maka lemari es tidak mendingin sama sekali atau mendingin terus menerus.

" Kulkas tidak dingin " adalah masalah yang sangat umum dan dapat ditangani oleh ahli perbaikan lemari es yang baik .

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "10 Penyebab kulkas tidak dingin yang harus diketahui!"

Posting Komentar